BRI Dukung Ultra Mikro dan UMKM Gerakkan Perekonomian di Indonesia

 


Sebagai upaya untuk memacu pertumbuhan ekonomi, dibutuhkan penggerak ekonomi yang efisien, bertenaga, dengan diperkuat program-program pembangunan ekonomi yang efektif, salah satunya dengan digitalisasi BRI yang menjadi Pahlawan UMKM, BRI Untuk Indonesia.

Ya, BRI terus melayani dan memberdayakan segmen UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Dengan adanya segmen Ultra Mikro dan UMKM dari BRI dapat memudahkan perekonomian.

Namun hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Dibutuhkan infrastruktur yang luas untuk melayani segmen tersebut. 

Saat ini BRI berada pada posisi strategis dalam mendukung perekonomian nasional, sehingga Indonesia dapat menjadi salah satu komponen utama perkembangan ekonomi Asia Tenggara. Di mana ASEAN diproyeksikan sebagai salah satu epicentrum pertumbuhan ekonomi global

BRI menjadi yang terdepan dalammembina dan mengembangkan usaha mikro kecil, BRI menciptakan lapangan kerja dengan mengembangkan UMKM. 

Di samping inisiatifnya dalam mengembangkan sektor ultra mikro, BRI juga terus memberikan pendampingan kepada segmen UMKM di antaranya Desa Brilian, Program Klasterku Hidupku dan Rumah BUMN dengan tujuan mendorong para pelaku UMKM tersebut agar naik kelas. 

BRI mampu mencatatkan penyaluran kredit bagi UMKM sebesar Rp1.038,90 triliun pada kuartal ketiga 2023. Jumlah tersebut membuat porsi kredit UMKM BRI terhadap total kredit perseroan mencapai 83,06%.

Holding ultra mikro (UMi) yang menjadi sumber pertumbuhan baru BRI. Setelah 2 tahun terbentuk, hingga September 2023, Holding UMi telah berhasil mengintegrasikan lebih dari 37,3 juta nasabah peminjam, atau tumbuh sekitar 17,3% yoy dengan outstanding kredit dan pembiayaan mencapai Rp614,9 triliun, atau tumbuh 9,5% secara yoy.

Selain pembiayaan, segmen mikro dan ultra mikro juga tercatat menjadi nasabah simpanan dengan jumlah besar yakni hingga Rp309 triliun (hanya di BRI).

Holding UMi membuat posisi BRI makin kuat dan memudahkan proses penyaluran kredit khususnya untuk menggapai sektor yang unbankable. PNM dan Pegadaian yang kini sudah masuk ke BRI sudah terbiasa mengurusi masyarakat marginal di pelosok dengan kredit yang nominalnya kecil.

Diharapkan BRI Untuk Indonesia dapat melakukan pendampingan dan pendanaan yang diberikan, pelaku usaha ultra mikro dapat naik kelas dan mengembangkan usahanya.

Dibutuhkan sinergi dan kebijakan-kebijakan yang kondusif yang menstimulus investasi dan dunia usaha. 

Oleh karena itu, semua pihak harus bersinergi agar ekonomi tumbuh, serta didukung oleh kebijakan di sektor rill yang sifatnya sinergi, kebijakan fiskal yang kondusif yang memberi stimulus dan kebijakan moneter yang sesuai

Melalui pendekatan memodernisasi sistem operasi internal untuk menyederhanakan proses dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan. Dan juga menciptakan model bisnis baru untuk menciptakan nilai baru. 

Pentingnya mewujudkan kesejahteraan sosial, semoga konsep itu tidak hanya bisa terjadi dan diterapkan di Indonesia, namun juga di kawasan Asia Tenggara maupun di kawasan dan negara lainnya. 

BRI mampu untuk menyesuaikan layanan finansial sesuai dengan kebutuhan spesifik dari bisnis ultra mikro. 

Dengan memahami kompleksitas dan tantangan yang dihadapi oleh bisnis-bisnis ini, BRI telah mengembangkan beragam produk dan layanan, termasuk pinjaman mikro, kredit usaha rakyat, dan layanan perbankan digital yang ramah pengguna

Integrasikan teknologi modern dan memperluas jaringan kantor cabang, BRI telah berhasil memastikan bahwa UMKM di wilayah terpencil dan pedesaan juga dapat mengakses layanan finansial yang mutakhir.

BRI telah berhasil menciptakan lingkungan yang berkelanjutan bagi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di seluruh negeri, dengan memberdayakan bisnis-bisnis lokal. 

BRI dapat memfasilitasi kemitraan dengan lembaga pemerintah dan non-pemerintah untuk menyediakan akses ke pelatihan, mentor, dan pasar yang lebih luas bagi para pelaku usaha ultra mikro dan UMKM. 

Ini dapat membantu mereka memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bersaing.

Oiya BRI juga telah menyebarkan jaringan kantor cabangnya ke seluruh penjuru Indonesia, termasuk daerah terpencil loh

Waah keren banget yaaa, semoga BRI bisa terus membuat layanan perbankan dapat diakses oleh sebagian besar masyarakat, termasuk para pelaku usaha ultra mikro dan UMKM.

Yuk Para Ulta Mikro dan UMKM terus bergerak menciptakan bisnis dan juga menciptakan lapangan kerja bersama BRI agar perekonomian di Indonesia dapat terus maju melesat ke depannya. 

Comments